Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Dewasa ini kita semua menyadari bahwa kecintaan dan kebanggaan kita terhadap negara kesatuan Republik Indonesia atau yang lebih populer kita kenal dengan cinta tanah air sudah sangat terkikis dan memudar, dengan keterlenaan kita terhadap berbagai aktifitas dan perkembangan zaman, seiring kemajuan teknologi dan informasi serta semakin kompleksnya kehidupan kita dalam bermasyarakat dan bernegara.

Perkembangan zaman globalisasi yang begitu pesat tidak terbendung dan terfilterisasi, sangat berpengaruh terhadap kultur budaya bangsa serta dapat melunturkan wawasan kebangsaan yang semakin mengalami degradasi.  Di  zaman  era  digital  sekarang  ini kita  mampu  menjangkau  ke seluruh lapisan dunia dengan teknologi yang sangat canggih, dan bahkan anak kecil sekalipun dapat mengakses berbagai informasi dengan hanya menggunakan internet melalui hp yang sudah mempunyai fitur-fitur lengkap yang membuat kita semua terbawa ke dalam keterlenaan, dan lambat laun mulai terasa terkikis oleh perjalanan waktu, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi serta derasnya arus globalisasi yang ternyata memunculkan berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap kebersamaan dan kelangsungan hidup bernegara.

Untuk itu maka perlu adanya upaya menanamkan, menumbuhkembangkan dan memelihara wawasan kebangsaan masyarakat melalui pusat-pusat pendidikan seperti keluarga, masyarakat dan sekolah yang kita kenal dengan tri sentra pendidikan (tiga pusat pendidikan).

Tahun 2019 ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah melaksanakan Sosialisasi Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan dengan mengundang Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda yang mempunyai peran penting di masyarakat.

Dengan Sosialisasi Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan diharapkan kepada semua pihak dapat menanamkan dan menumbuhkembangkan nilia-nilai budaya, patriotisme dan Bela Negara serta wawasan kebangsaan guna terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang aman, damai dan tenteram dalam menyongsong Indonesia Maju, Mandiri dan Bermartabat. (Isya)